0

Gedung Joeang 45

Ingatkan Anda mengenai kisah 'penculikan' Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok? Konon, para tokoh yang memprakarsai drama penculikan tersebut bermula dari sebuah komunitas yang tinggal di sebuah gedung yang kini berubah menjadi Museum Gedung Joeang 45. Dari peristiwa tersebut, gagasan untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dimulai.

Gedung Joeang 45

Gedung ini pada mulanya adalah sebuah hotel yang dibangun pada tahun 1938 oleh seorang pengusaha Belanda yang bernama L. C. Schomper. Hotel ini dibangun khusus untuk pejabat Belanda, pengusaha asing dan pejabat pribumi. Pada jaman penjajahan Jepang, gedung ini dikuasai oleh pemuda Indonesia dan digunakan sebagai tempat pendidikan nasionalisme. Tokoh-tokoh yang pernah menghuni gedung ini adalah Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Adam Malik, Chaerul Saleh dan lain-lain. Pasca kemerdekaan, gedung ini diberi nama Gedung Menteng 31.

Pada tanggal 19 Agustus 1974, Gedung Menteng 31 diresmikan sebagai Museum Joeang 45 oleh Presiden Soeharto dan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Museum ini menyimpan koleksi berupa foto, lukisan, diorama, patung / bust pejuang, mobil dinas kepresidenan dan beberapa senjata. Selain itu, museum juga menjadi wadah aktivitas seputar perjuangan.

Cukup Ramai

Ketika saya berkunjung ke museum ini, ternyata sudah ada beberapa orang (saya mengira masih siswa atau mahasiswa) yang mulai melihat-lihat dan tentu saja narsis di beberapa titik. Beberapa dari mereka tampak serius membaca kisah di balik perjuangan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Yang cukup menarik adalah, gedung ini pernah menjadi saksi bisu ajang nasionalisme. Pemuda-pemuda yang pernah tinggal di sini adalah orang-orang yang berpengaruh dalam perjuangan meraih kemerdekaan.

Berikut ini adalah beberapa foto yang saya abadikan dari lokasi museum.

Ruang Pendahuluan
Ruang Pendahuluan, berisi bacaan-bacaan seputar Gedung Joeang dan pahlawan revolusi
Ruang Proklamasi
Ruang Proklamasi, didedikasikan khusus untuk dua proklamator Indonesia
Patung Proklamator
Area berfoto bersama patung proklamator
Maket Gedung Joeang
Salah satu maket Gedung Menteng 31 (Gedung Joeang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *