0

Situs Cipari

Berada di dalam ketinggian, di balik kabut yang menutupi area lereng Gunung Ciremai, terdapat sebuah situs prasejarah yang kini dikenal sebagai Taman Purbakala Cipari. Sekilas, tempat ini tampak seperti Machu Piccu namun dengan susunan batu-batu pipih berukuran besar. Secara administratif, Cipari terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Punden, Kubur Batu, dan Area Meeting

Taman Purbakala Cipari merupakan situs purbakala yang diperkirakan digunakan oleh peradaban zaman batu hingga era pertukangan. Karena selain ditemukan susunan batu, terdapat juga temuan-temuan lain berupa pecahan gerabah dan alat-alat pertukangan yang disimpan di museum.

Memasuki area taman purbakala, pengunjung dapat menyaksikan secara langsung rekonstruksi dari altar pemujaan, kubur batu dan ruangan berbentuk oval seperti ruang meeting :). Di bagian depan, terdapat museum yang menyimpan alat-alat pertukangan, maket situs, dan juga dokumentasi penemuan-pembangunan situs.

Susunan batu di situs Cipari.
Menhir 1.
Menhir 2.
Kubur batu.

Blusukan ke Cipari

Saya jarang blusukan ke suatu tempat yang dalam kondisi berkabut. Sekali saya kemari, benar-benar heavenly seperti berada di atas awan. Untuk menuju ke lokasi ini, saya berangkat dari Cirebon menuju Kuningan; kemudian mencari petunjuk menuju Cigugur. Selebihnya, mungkin bertanya kepada warga sekitar dengan kata kunci "Taman Purbakala" akan sangat membantu karena lokasi taman ini sudah tidak asing lagi.

Museum Cipari.
Bagian dalam museum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *