0

Situs Cibalay

Blusukan di akhir pekan, Kabupaten Bogor bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Selain jauh dari hiruk pikuk kota, suasana tenang dan adem menjadi tawaran yang tidak tergantikan. Saya memilih Situs Cibalay -yang terletak di Desa Cibalay, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagai tujuan tersesat pada Pi Day (3 Maret 2015).

Kompleks Pra Sejarah

Situs Cibalay merupakan punden berundak yang terdiri dari beberapa situs yang terpisah tidak jauh. Mungkin kalau digali lebih luas lagi, bisa jadi ditemukan bentuk utuh situs yang berukuran sangat besar. Dari delapan titik temuan, saya hanya sempat mengunjungi enam titik. Yang diklaim sebagai pusat dari situs ini adalah situs Arca Domas.

Arca Domas.

Aura tenang dan khidmad saya rasakan sesaat ketika saya melihat susunan batu Arca Domas. Bercampur rasa kagum, saya pun memejamkan mata untuk sekejap sambil merasakan suasana alam yang surgawi. Bersambut desiran angin, saya pun mulai melangkah memasuki area Arca Domas; menapaki setiap tangga naik menuju punden utamanya; mengagumi struktur purbakala yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Bagian atas dari punden Arca Domas.

Struktur Arca Domas menyerupai punden berundak di Situs Gunung Padang, namun dengan batu penyusun berupa lempeng-lempeng. Yang saya lihat, Arca Domas terdiri dari dua teras. Teras yang lebih atas memiliki struktur ruangan yang lebih kompleks. Di pusat punden, terdapat lempengan batu yang diletakkan tegak -sering disebut sebagai watu kujang- karena bentuknya yang pipih menyerupai senjata tradisional Sunda.

Situs Lainnya

Di belakang situs Arca Domas, terdapat saung-saung sederhana di mana saya berjumpa dengan Pak Kusnadi, juru kunci Situs Cibalay. Bersama dengan beliau, saya berbincang-bincang mengenai keberadaan titik-titik lainnya di situs ini. Tujuh situs lainnya antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Situs Endong Kasang, berbentuk punden kecil yang terletak paling bawah -sebelum Arca Domas, dekat dengan jalan utama Tenjolaya.
  2. Situs Balekambang, reruntuhan punden yang terletak di bawah Arca Domas, tepatnya sebelum pintu masuk Situs Cibalay.
  3. Situs Kebon Kopi, reruntuhan punden yang belum tereksporasi seutuhnya.
  4. Situs Jami Paciing, kompleks punden yang juga disebut sebagai Taman Sriwedari.
  5. Situs Batu Bergores, batu yang memiliki goresan unik.
  6. Situs Pasir Manggis.
  7. Situs Pangantehan.
Jami Paciing atau Taman Sriwedari.
Situs Kebon Kopi.
Batu Bergores.
Balekambang.
Endong Kasang.

Pasir Manggis dan Pangantehan belum saya kunjungi karena lokasinya cukup jauh dari enam situs lainnya.

Untuk mengunjungi Situs Cibalay, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Kota Bogor, saya menelusuri jalan ke arah Tenjolaya (via Ciomas) menggunakan kendaraan umum bertuliskan "Faten". Saya minta untuk diturunkan di daerah Situs Arca Domas. Karena perjalanannya cukup jauh, saya merogoh kocek sebesar Rp10.000,00 (tarif angkotnya progresif). Tempat saya turun merupakan pertigaan masuk ke dusun. Dari pertigaan tersebut, saya menempuh perjalanan yang cukup menanjak sejauh 2 kilometer hingga tiba di lokasi situs. Lumayan, olahraga akhir pekan.

Saya sudah, Anda? 🙂

Curug di bagian belakang kompleks Arca Domas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *