2

Situs Cangkuang Kuningan

Berbeda dari Candi Cangkuang (Bandung), situs Cangkuang merupakan peninggalan megalitikum. Situs ini berlokasi tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Kuningan, tepatnya di Kelurahan Kuningan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Tiga Kompleks Monolith

Kunjungan saya ke sana disertai dengan awan mendung yang membalut langit-langit Cirebon dan sekitarnya. Dibantu dengan salah seorang warga, saya mengunjungi Situs Cangkuang yang berlokasi di tiga tempat terpisah.

  1. Kompleks batu pertama berukuran paling luas dan berada di tengah-tengah pemukiman warga. Di sana terdapat sebuah menhir, dolmen, batu dakon (lumpang) dan batu-batu penyusun kecil lainnya.
  2. Batu kedua ada di depan rumah seorang warga, berupa batu dakon (lumpang). Batu ini diyakini oleh warga sekitar memiliki kekuatan magis. Bagi perempuan yang sulit punya anak, dengan meminum air pada hari Jumat yang disimpan satu hari sebelumnya (Kamisnya), maka Insyaallah bisa mengandung.
  3. Kompleks batu ketiga berada di tepi kolam ikan, diberi nama Kuda Sembrani. Terdapat batu dakon (lumpang) dan dua batu lain.
Kompleks situs Cangkuang pertama.
Kompleks situs Cangkuang kedua.
Kompleks situs Cangkuang ketiga.

Dompet Jatuh!

Kebayang gak, dompet Anda jatuh di tengah-tengah desa? Itulah yang terjadi pada saya, dan tidak akan sadar jatuh di sana kalau tidak diingatkan oleh warga sekitar. Tanpa meminta imbalan, seorang bapak menegur saya ketika dompet saya terjatuh secara tidak sengaja. Semoga kebaikan bapak mendapat pahala yang melimpah dari Yang Kuasa.

Setelah saya selesai memandangi batu-batu tersebut, saya pun berpamitan kepada warga setempat dan kepada bapak yang menegur saya. Ternyata mereka sedang sibuk bisnis batu akik :).

2 thoughts on “Situs Cangkuang Kuningan

  1. kk, nomernya situ hilang semua…
    beserta hp yg modyar :v

    foto gueh manah?
    ki agustus budal ranu kumbolo piye?
    btw, buruan email fotonya yah :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *