0

Arca Nandi Kebun Raya Bogor

Kota Bogor dikenal sebagai kota hujan oleh sebagian orang. Di sisi lain, Buitenzorg -nama yang diberikan pemerintah Belanda kepada kota ini- menyimpan nilai-nilai sejarah yang hingga kini cukup menarik minat wisatawan. Salah satu objek wisata yang cukup dikenal adalah Kebun Raya Bogor, yang secara administratif terletak di Kota Bogor, Jawa Barat.

Patung Sapi

Selain menyimpan ratusan species vegetasi, satu-satunya objek kebudayaan Hindu yang saya temukan di Kebun Raya Bogor adalah sebuah arca Nandi tidak jauh dari pintu masuk. Meskipun di papan hanya tertulis patung sapi, di sisinya terdapat arca Dewa Siwa (?) dan Ganesha.

Sedangkan prasasti yang ada di depannya adalah prasasti baru yang ditulis oleh Dr. Frideriech yang berarti "Tidak jauh dari sini ada kolam." Arca-arca tersebut tidak berasal dari tempat itu, melainkan dipindahkan dari tempat asalnya di sebuah kolam kuno di Kotabatu, Ciapus, Bogor.

Menurut papan informasi yang ada di sana, ada versi lain mengenai keberadaan arca-arca tersebut, yaitu bukanlah Dr. Friederiech yang memindahkannya melainkan C. G. C. Reinwardt. Beliau adalah orang yang membangun Kebun Raya Bogor pada tahun 1817.

Arca di Kebun Raya Bogor.

Yang Lainnya

Selain menyimpan arca dan koleksi vegetasi, pengunjung juga dapat menikmati museum Zoologi, taman, dan makam Belanda. Pengunjung juga bisa melihat Istana Kepresidenan Bogor dari jauh.

Untuk menuju kemari tidaklah sulit. Saya menggunakan Commuter Line dari Jakarta. Dari stasiun, saya menempuh perjalanan sejauh kurang lebih dua kilometer ke arah barat. Untuk masuk lokasi Kebun Raya Bogor, pengunjung dikenakan tarif Rp14.000,00 per orang.

Nah, hari sudah mulai sore, waktunya saya kembali ke ibukota :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *