0

Candi Sirah Kencong

Suasana sejuk di balik pegunungan dengan hamparan kebun teh yang luas; Sirah Kencong -dengan segala kesederhananaanya, menawarkan suasana yang membuat pikiran menjadi damai. Siapa sangka di tengah-tengah kebun teh tersebut, terdapat candi kuno yang unik. Candi Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Relief Klasik

Candi Sirah Kencong terdiri dari tiga buah candi kecil yang saling berdampingan. Ketiga candi tersebut memiliki relief dengan pahatan yang sederhana, lekukannya tidak timbul-timbul seperti yang sering kita lihat di candi-candi besar (Penataran, Prambanan, dan lainnya). Ketika candi tersebut memang tidak sepenuhnya utuh. Batu-batu yang tersisa disusun seadanya, bahkan tak jarang ada yang meleset.

Dari depan candi saya menghadap, candi yang paling kiri memiliki relief Bubuksah Gagangaking, yaitu seseorang sedang dalam posisi duduk berhadapan dengan seekor Harimau. Candi tengah memiliki relief Samudra Mantana, yaitu seekor naga yang disangga oleh beberapa orang. Sedangkan candi yang paling kanan memiliki relief Bima dan dua orang lainnya yang tengah berada di tengah-tengah ombak. Di candi yang tengah, terdapat arca sederhana yang mungkin menggambarkan dewa Siwa.

Macadump

Untuk menuju ke lokasi Candi Sirah Kencong, dibutuhkan suatu keahlian offroad tingkat dewa :). Setelah terpisah dari jalan menuju Rambut Monte, Anda akan bertemu dengan jalan macadump yang cukup parah. Di musim hujan, jalan ini akan sangatlah becek. Untuk itu Anda harus berhati-hati. Namun entah mengapa di bagian ujung perkebunan teh, jalan sudah bagus. Anda bisa memarkirkan kendaraan di sana kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi candi dengan jalan kaki.

[fsg_gallery id="15"]

Tidak jauh dari sini, Anda juga bisa menemukan air terjun. Akan tetapi mengingat hari sudah cukup sore, saya tidak ke sana. Saya beristirahat di warung atau koperasi di depan Gereja. Di sana, saya menikmati satu mangkok mie, satu piring rujak cingur, dan satu gelas teh asli dari kebun. Sungguh luar biasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *