0

Candi Gambar Wetan

Selain menjadi objek wisata alam, Gunung Kelud juga menjadi pusat kebudayaan klasik. Salah satu candi yang berada di lereng Gunung Kelud bagian Blitar adalah Candi Gambar Wetan yang secara administratif terletak di Perkebunan Gambar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Berlapis-lapis

Candi Gambar Wetan terletak di puncak punden berundak, setidaknya ada tiga lapisan teras. Batu-batu candi disusun seadanya membentuk tangga naik menuju candi utama. Candi utamanya hanya menyisakan bagian batur terletak di lapisan teratas. Pada lapisan paling dasar, hanya terdapat sebuah arca Dwarapala. Sedangkan di lapisan kedua, terdapat dua arca Dwarapala. Salah satu dari mereka bertuliskan angka tahun 1360 Saka (atau 1438 Masehi) di bawah kakinya. Tangga menuju lapisan ketiga sekilas mirip tangga di Kompleks Gunung Penanggungan. Walaupun belum disusun secara rapi, candi utamanya memiliki relief yang menceritakan Bubuksah dan Gagang Aking.

Pemandangan di sekitar candi sangat indah. Seolah berada di atas langit, saya bisa melihat daerah dataran yang cukup tinggi dan juga aliran sungai (yang waktu itu jadi aliran lahar dingin) dari Gunung Kelud. Tampak ada tiga orang penjaga; dua di antaranya adalah petugas penjaga kebersihan area candi.

Menuju Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan berada kurang lebih 7 kilometer dari Candi Penataran. Saya harus melalui jalan menuju kawasan wisata alam Paco sebelum tiba di Perkebunan Candisewu atau Perkebunan Gambar. Dengen menelusuri jalan utama dari Paco ke Candisewu, saya akan bertemu dengan pos jaga kompleks perkebunan. Di sanalah saya menanyakan tempat Candi Gambar Wetan berada, yang ternyata belum beraspal.

[fsg_gallery id="17"]

Awan mulai menutupi birunya langit, suasana berubah menjadi teduh dan nyaman sekali. Ingin rasanya saya berada di sana lebih lama lagi, akan tetapi masih ada beberapa situs yang harus saya kunjungi sebelum malam pergantian tahun. Usai mengambil gambar dan menikmati keindahan candi ini, saya pun bergegas meninggalkan Candi Gambar Wetan. Kapan giliran Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *