0

Situs Buni

Masih santer berita bully tentang Bekasi, namun pagi ini saya mencoba membuktikannya. Tidak perlu menggunakan roket, saya mengendarai motor untuk menuju tempat ditemukannya peninggalan-peninggalan lintas jaman yang dikenal sebagai Situs Buni. Secara administratif, situs ini terletak di Kampung Pasar Mas, Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Situs Multi Peradaban yang Kaya Harta Karun

Menurut informasi yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Jawa Barat, Situs Buni merupakan salah satu bukti eksistensi peradaban prasejarah yang pernah ada sebelum Kerajaan Tarumanegara. Temuan-temuan yang menunjukkan bukti-bukti tersebut berupa gerabah dengan aneka bentuk, keramik, perhiasan emas, batu-batuan, fosil dan tulang belulang. Banyak dari temuan-temuan tersebut sudah berpindah tangan, entah ke museum ataupun ke tangan orang-orang yang 'berebut harta karun' pasca penemuan pertamanya sekitar tahun 1958.

Lokasi kampung ini memang tidak terlalu jauh dari pantai. Akan tetapi, adanya temuan berupa fosil hewan bawah laut, saya menduga bahwa dulu tempat ini merupakan laut atau pantai. Menurut saya, hasil temuan dari situs ini pun beraneka ragam. Tidak hanya batu-batu dari era Neolitikum, melainkan ada pula gerabah, keramik dan batu-batu indah yang cukup modern. Saya juga menduga bahwa Situs Buni telah mengalami transformasi dan pernah menjadi pusat perdagangan dan pemukiman penduduk. Asal mula situs ini diduga dari kebudayaan Buni yang  memiliki kaitan erat dengan Kerajaan Segara Pasir, jauh sebelum Kerajaan Tarumanegara.

Situs Buni dan Jurukuncinya

Sisa-sisa dari penemuan tersebut masih dapat kita jumpai di rumah almarhum Bapak Sakhiudin, salah satu juru kunci situs ini. Semasa hidupnya, beliau mendedikasikan diri untuk terus mengungkap keberadaan situs ini lengkap dengan ceritanya.

Kunjungan saya ke situs ini dibalut dengan kisah sedih istri almarhum Bapak Sakhiudin karena sudah dua puluh hari suaminya wafat setelah berjuang melawan penyakitnya. Saya pun tidak hanya melihat koleksi Situs Buni, tetapi juga turut berdoa bagi almarhum.

Melirik Situs Buni

Berikut ini beberapa foto yang berhasil saya rangkum dari Situs Buni.

[fsg_gallery id="3"]

Usai bersilaturahmi dengan keluarga Bapak Sakhiudin, saya pun kembali ke Jakarta. Memang benar, perjalanan ke Bekasi terasa sangat jauh. Padahal menurut GPS, jarak dari Jakarta Pusat hingga ke Babelan Bekasi seharusnya tidak lebih dari 50 kilometer. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *