2

Candi Bojongmenje

Di tengah hiruk-pikuk aktivitas pabrik di kawasan industri Rancaekek Bandung, tersusunlah batu-batu candi yang kondisinya semakin memprihatinkan. Benar sekali, Candi Bojongmenje yang terletak di Kampung Bojongmenje, Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini masih menanti perhatian sejak ditemukan tahun 2002 lalu.

Candi Sunda

Daerah Jawa Barat menyimpan banyak peninggalan purbakala, namun sedikit di antaranya yang berupa candi. Candi Bojongmenje ini ada menemani Candi Cangkuang di Kabupaten Garut. Diperkirakan candi ini bentuknya sederhana -tanpa relief- serta berusia lebih tua dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan, atau paling tidak semasa dengan Kompleks Candi Arjuna Dieng.

Semakin Terdesak

Suasana ramai di kawasan industri Rancaekek Bandung memang terkesan ironis dibandingkan dengan area di sekitar Candi Bojongmenje. Area candi memang telah dipagari dan dalam kondisi tergembok tanpa ada seorang pun yang berjaga. Saya pun mencari tahu juru kunci dari situs ini karena selain untuk mengambil gambar, saya ingin mendapatkan beberapa informasi dari beliau. Perjalanan menuju rumah Pak Alias (bukan nama sebenarnya) tidak memakan waktu lama. Sembari berjalan kembali menuju situs, Pak Alias menjelaskan bahwa jalan dari kampung menuju situs sering terendam banjir apalagi saat musim hujan.

Pak Alias pun membukakan pintu candi. Beliau menceritakan kisah ayahnya ketika melakukan penggalian situs ini. Selain batu-batu candi, tim menemukan beberapa tengkorak ketika melakukan penggalian. Candi Bojongmenje bisa jadi sempat beralih fungsi menjadi sebuah makam. Dari lokasi asalnya, batu-batu candi dipindahkan untuk diteliti lebih lanjut.

Menurut beberapa sumber, kerusakan candi ini disebabkan karena wilayah ini dulu pernah dijadikan tempat latihan perang menggunakan alat persenjataan berat. Pasca kemerdekaan, kawasan ini berubah menjadi daerah industri yang semakin lama menghimpit area sekitar candi. Tampak bahwa ada dinding besar menutupi tempat pondasi candi seharusnya berada. Pak Alias dan masyarakat sekitar berharap bahwa penelitian tentang candi ini selesai, selanjutnya ada proses pemugaran candi yang dilakukan secara menyeluruh.

Masih di area candi, terdapat bangunan sederhana untuk menyimpan beberapa batu andesit. Di bangunan tersebut, tampak ada lukisan yang -menurut saya- digunakan untuk pagelaran seni yang berlangsung di kampung. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sekitar yang didominasi oleh etnis Sunda masih peduli dengan peninggalan budaya leluhur mereka, termasuk keberadaan candi dan situs purbakala lainnya.

Candi Bojongmenje dalam Galeri

Berikut ini adalah beberapa foto yang saya ambil ketika berkunjung ke Bojongmenje.

[fsg_gallery id="4"]

Semoga dalam waktu dekat, candi ini segera direstorasi dan siap menunjukkan pesonanya kepada khalayak ramai. 🙂

2 thoughts on “Candi Bojongmenje

  1. Di sana nggak ketemu sama Pak Rohman? Bapaknya udah tua gitu. Banyak cerita-cerita tentang latar belakang Candi Bojongmenje. Susah di-stop jadinya rencana cuma sebentar ke sana malah jadi lama, hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *