0

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Perjuangan menuju Indonesia merdeka memiliki cerita yang panjang. Sebelum naskah proklamasi dikumandangkan, para bapak pendiri negara ini sempat melakukan perundingan di sebuah gedung yang pada waktu itu merupakan tempat tinggal Laksamana Maeda. Saat ini, gedung perumusan naskah proklamasi dijadikan museum untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut.

Sekilas Tentang Gedung

Didirikan sekitar tahun 1920 dengan gaya arsitektur Eropa, gedung ini terus menerus berpindah kepemilikan. Pernah digunakan oleh PT. Asuransi Jiwasraya, British Consul General hingga akhirnya dijadikan kediaman dari Laksamana Muda Tadashi Maeda.

Ketika menjadi rumah kediaman Maeda, peristiwa bersejarah penyusunan teks proklamasi hingga pengesahannya terjadi. Oleh karenanya, pada tanggal 24 November 1992, gedung ini ditetapkan sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Selayang Pandang Museum

Di dalam museum, pengunjung akan bertemu dengan diorama 1:1 tentang proses diskusi sebelum proklamasi dikumandangkan. Mulai dari ruangan pertemuan rombongan Bung Karno dengan Laksamana Maeda, ruang perumusan naskah, tempat pengetikan naskah resmi, serta informasi seputar perjuangan kemerdekaan Indonesia di lantai dua. Berikut ini adalah beberapa cuplikan foto dari museum.

[fsg_gallery id="20"]

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Jl. Imam Bonjol 1 Jakarta Pusat 10310 http://www.museumperumusannaskahproklamasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *