0

Candi Lawang

Masih merupakan peninggalan Dinasti Syailendra-Sanjaya, Boyolali juga merupakan salah satu bagian penting dari kebudayaan di lereng Gunung Merbabu dan Merapi. Banyak situs dapat kita jumpai di daerah Boyolali, salah satunya adalah Candi Lawang yang terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Hingga Pintu Saja

Seperti namanya, candi ini direkonstruksi hanya mencapai bagian pintu saja. Di bagian pusat candi, terdapat sebuah yoni. Menurut informasi yang saya peroleh dari Tarabuwana, candi ini sebenarnya terdiri dari enam buah bangunan: satu candi utama, diapit dua candi perwara dan berhadapan dengan tiga candi wahana dalam satu pondasi. Kelima candi lainnya tampak dibiarkan begitu saja.

[fsg_gallery id="43"]

Menuju Candi Lawang

Untuk menuju candi ini, pengunjung terlebih dahulu mencari Kecamatan Cepogo yang terletak di jalur Magelang-Boyolali via Ketep Pass. Lokasi Candi Lawang berada di sekitar peninggalan Kasunanan Surakarta, yaitu Pesanggrahan Pratjimohardjo, Cepogo. Setelah tiba di Pesanggrahan, pengunjung bisa menanyakan kepada warga mengenai lokasi Candi Lawang atau Desa Gedangan karena lokasinya agak berkelok-kelok. Jika Anda teliti, maka lokasi ini juga dapat dijangkau dengan menggunakan petunjuk yang tersebar di beberapa penjuru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *