0

Candi Jawi

Hawa dingin mulai terasa menembus jaket, apalagi setelah saya menghentikan motor untuk mampir di sebuah candi bercorak Hindu-Buddha (Siwa-Buddha). Candi Jajawa atau yang lebih dikenal dengan nama Candi Jawi terletak di jalan utama menuju kawasan wisata Tretes, di lereng Gunung Arjuna. Secara administratif, candi ini terletak di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dari Raja Kertanegara

Candi ini didirikan atas perintah raja terakhir Singasari, Kertanegara. Mengenai corak Siwa-Buddha dapat diketahui dari bentuk candi yang menyerupai Candi Prambanan, bagian tubuh candi bercorak Hindu Siwa (ada yoni di dalam candi) sedangkan puncaknya berbentuk stupa. Raja Kertanegara sendiri merupakan penganut Siwa-Buddha (campuran Hindu dan Buddha). Konon, candi ini dibangun jauh dari pusat Singasari karena sang Raja melihat bahwa masyarakat di daerah ini menganut aliran yang sama. Di samping itu, loyalitas masyarakat setempat terhadap rajanya pun juga cukup kuat.

Tersambar Petir

Pada jaman kerajaan Majapahit, Hayam Wuruk juga sempat singgah di candi ini. Kisah kedatangan beliau di Candi Jawi tertuang dalam Kitab Negarakertagama. Dikisahkan bahwa beliau melihat candi ini disambar petir yang menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Kerusakan tersebut menyebabkan arca Maha Aksobaya raib.

Candi Jawi tersusun atas dua jenis batuan, batu hitam dan batu putih. Ada dugaan bahwa candi ini dibuat di dua masa yang berbeda. Bisa jadi batu putih ditambahkan ketika candi ini hancur pasca tersambar petir. Keunikan lain dari candi ini adalah reliefnya. Walaupun tidak semua terbaca karena terukir tidak terlalu dalam, nampak bahwa ada relief yang menggambarkan Candi Jawi ini sendiri. Tampak bahwa candi ini diapit oleh tiga perwara (yang kini tidak nampak lagi bekasnya) dan ada gapura candi bentar (puing-puing gapura masih terlihat di belakang candi).

[fsg_gallery id="18"]

Sekitaran Candi Jawi

Tidak jauh dari lokasi candi, ada sebuah warung kuliner yang cukup unik. Temukan warung Kupang Lontong tidak jauh dari gerbang masuk menuju kawasan wisata Tretes. Setelah mengunjungi candi, saya pun langsung menyantap Kupang Lontong nikmat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *