0

Candi Pawon

Masih satu kompleks dengan Candi Borobudur, sebuah candi kecil yang diberi nama Candi Pawon berada sedikit tersembunyi dari keramaian. Secara administratif, candi ini terletak di Dusun Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Perabuan dan Relief Kinara-Kinari

Menurut J. G. de Casparis, istilah "Pawon" diambil dari kata awu (dalam bahasa Indonesia berarti abu) yang kemudian menjadi perabuan. Yang diperabukan di candi ini ialah Raja Indra (782 - 812 M), yang merupakan ayah dari Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra.

Salah satu ciri khas di Candi Pawon adalah relief Kinara-Kinari yang ada di tubuh candi, yaitu sosok dewa berwujud manusia setengah burung. Mereka berdiri di bawah pohon kalpataru atau pohon kehidupan. Dalam Prasasti Karang Tengah, disebutkan bahwa di dalam candi terdapat arca Bodhisattva yang diibaratkan memancarkan sinar. Ada kemungkinan arca tersebut terbuat dari logam. Sayangnya, arca tersebut telah hilang.

Kinara-kinari
Relief kinara-kinari di Candi Pawon
Relung Kosong
Relung kosong di bagian dalam candi.

Candi Pawon Kini

Candi yang memiliki nama lain Candi Brajanalan ini dipugar pada tahun 1903. Di sekitar candi terdapat penjual suvenir, sama seperti Candi Mendut. Tiket masuknya terintegrasi dengan Candi Mendut seharga Rp3.300,00.

Candi Pawon
Candi Pawon
Papan BCB
Papan nama candi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *