0

Candi Mendut

Tidak jauh dari Candi Borobudur, berdiri sebuah candi yang menjadi persinggahan para biksu sebelum berjalan menuju Borobudur. Candi ini dikenal dengan nama Candi Mendut, yang terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Mendut dan Relief Jataka

Di sekeliling Candi Mendut, banyak dijumpai relief yang masih nampak jelas. Relief-relief tersebut berkisah tentang hewan yang dikenal dengan Pancatantra atau Jataka. Empat relief di antaranya bercerita tentang Brahmana dan Seekor Kepiting, Angsa dan Kura-kura, Dharmabuddhi dan Dustabuddhi, serta Dua Ekor Betet.

Candi Mendut pernah ditafsirkan sebagai Venuvana dalam Prasasti Karang Tengah (824 Masehi). Walaupun penafsiran lain mengatakan bahwa Venuvana adalah Candi Ngawen, yang dibangun oleh Raja Indra dari Dinasti Syailendra.

Pada bagian dalam candi, terdapat tiga buah arca Buddha besar. Di bagian tengah, terdapat Dhyani Buddha Wairocana yang diapit Boddhisatwa Avalokiteswara (kiri) dan Boddhisatwa Wajrapani (kanan).

Arca Buddha di Dalam Candi Mendut
Arca Buddha di dalam candi
Pelataran Candi
Batu-batu penyusun candi yang tidak terpasang
Mendut dan Pohon Beringin
Candi Mendut

Blusukan ke Candi Mendut

Candi Mendut cukup mudah untuk dijangkau karena terletak di tepi jalan utama Muntilan (Magelang) menuju Borobudur. Tarif masuk candi ini juga cukup murah, yaitu Rp3.300,00 satu paket dengan Candi Pawon. Apabila ingin membeli cinderamata, kita bisa mengunjungi kedai-kedai di sekitar candi. Tidak perlu segan menawar barang dagangan mereka, karena membeli oleh-oleh bisa jadi aktivitas yang cukup menyenangkan di sekitar Borobudur.

Vihara Mendut

Di sekitar Candi Mendut, terdapat vihara yang sangat indah. Hingga saat ini, baik candi maupun vihara tersebut masih digunakan sebagai sarana beribadah bagi umat beragama Buddha. Tunggu apa lagi, ayo kita blusukan ke Magelang.

Vihara Mendut Menjelang Sore Rekonstruksi Candi Hindu Buddha Tidur Arca Buddha Berbaring Halaman Vihara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *