0

Prasasti Kayu Arahiwang

Membaca kisah tentang Bagelen, kurang lebih saya menjadi sedikit tahu mengapa kawasan Bagelen 'dikerdilkan' menjadi sebuah kecamatan di Kabupaten Purworejo. Padahal secara historis, Bagelen dulunya merupakan kawasan luas yang mencakup sebagian besar wilayah Purworejo sekarang. Terlepas dari kisah kerdilnya Bagelen, ternyata temuan prasasti yang dijadikan dasar hari jadi Purworejo yang juga sedikit menyinggung asal muasal "Bagelen".

Kayu Arahiwang

Dalam prasasti Kayu Arahiwang, disebutkan bahwa pada hari ke 5 bulan Asuji tahun 823 Saka (5 Oktober 901 Masehi) terjadi suatu peristiwa besar berupa penetapan tanah perdikan yang dikemas dalam upacara besar-besaran. Upacara tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat, ada yang dari Prambanan, Magelang, Loano, Watu Tiha, dan lain-lain. Selain dibebaskan dari pajak, penduduk setempat diwajibkan untuk memelihara tempat tersebut. Salah satu tempat yang diduga menjadi tempat suci tersebut adalah Candi Gondoarum (Gua Seplawan).

Prasasti Kayu Arahiwang ditemukan di bawah dua pohon besar yang unik, menempel satu sama lain. Selanjutnya, prasasti ini dipindahkan ke Museum Nasional (Museum Gajah) di Jakarta. Di sekitar lokasi penemuan prasasti dibangun sebuah pelataran luas yang digunakan untuk perayaan hari jadi Purworejo, namun setiap dua tahun sekali.

Prasasti Kayu Arahiwang
Prasasti Kayu Arahiwang di Museum Gajah.
Pohon Arahiwang
Pohon tempat ditemukannya prasasti.

Menuju ke Lokasi

Secara administratif, petilasan Prasasti Kayu Arahiwang terletak di Desa Boro Wetan, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dari Kota Purworejo, saya menelusuri jalan menuju Kaligesing. Perempatan menuju ke sana ditandai oleh patung W. R. Soepratman. Selepas jembatan, akan ada beberapa papan petunjuk, ikutilah petunjuk yang menuju Desa Boro Wetan (Arahiwang) karena lokasi prasasti ini cukup mudah dijangkau.

Lokasi Prasasti Kayu Arahiwang
Di depan pohon, dibangun panggung untuk perayaan peringatan ulang tahun Purworejo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *